Apa yang dimaksud dengan service marketing dan Jelaskan bagaimana
implementasinya daripada service marketing ?
AMA (2004) mengatakan bahwa “Pemasaran adalah fungsi organisasi
dan serangkaian proses penciptaan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai
bagi para pelanggan, serta mengelola relasi pelanggan sedemikinan rupa,
sehingga memberikan manfaat bagi organisasi dan para stakeholdernya.”
(Pelanggan, karyawan, perusahaan lain, persaingan, dan masyarakat secara umum).
Service Marketing adalah suatu proses penciptaan dan penyampaian
barang dan jasa yang diinginkan pelanggan, yang meliputi kegiatan yang
berkaitan dengan menarik dan mempertahankan pelanggan, guna untuk memenuhi
keinginan dan kebutuhan organisasi/perusahaan.
Implementasi Marketing
- Informasi manajemen memainkan peran penting dalam pemasaran jasa
- Informasi tidak hanya dikumpulkan selama riset pasar awal tetapi juga selama layanan (marketing) seluruh proses.
- Informasi dapat menyebar tidak hanya selama tahap komunikasi awal tetapi juga (dan terutama) selama proses produksi layanan.
- Penting untuk memastikan arus informasi yang efektif dalam perusahaan.
Bagaimana kita bisa menciptakan customer service adalah sangat
bervariasi dari satu perusahaan dengan perusahaan lain. Kreativitas dan
komitmen sangat dibutuhkan dalam hal ini agar perusahaan kita bisa menjadi unik
di mata konsumen dan mampu tampil menonjol. Selain mutu produk atau layanan
yang diberikan perusahaan, customer service adalah komponen terpenting berikutnya
yang menentukan daya tahan dan daya saing suatu perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar