Kamis, 12 Mei 2016

Ringkasan Tentang Efek Komunikasi Massa - Buku Jalaludin Rakhmat

A.      Pengertian Komunikasi Massa
Bittner, Komunikasi massa @ “Mass Communication is message communicated through a mas medium to a large number of people ”. (Komunikasi masa @ pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang).
Jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang terbesar, heterogen, dan anonim melalui media cetak atau elektronis sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.
1.       Sistem Komunikasi Massa Versus Sistem Komunikasi Interpersonal
            Sifat Komunikasi massa :
a)      bersifat tidak langsung, artinya harus melewati media teknis.
b)      bersifat satu arah.
c)       bersifat terbuka.
d)      mempunyai publik yang secara geografis terebar.

Perbedaan teknis pada karakteristik psikologis yang khas di Komunikasi mAsa dan Komunikasi interpersonal, yaitu:
a) Pengendalian Arus Informasi : berarti mengatur jalannya pembicaraan yang disampaikan dan yang diterima.
b)    Umpan balik : metode mengontrol sistem, keluaran (output) sisttem yang dibalikkan kembali (feedback) kepada sistem sebagai masukan (Input) tambahan berfungsi mengatur keluaran berikutnya.
c)      Stimulasi alat Indra L: dalam komunikasi interpersonal, seperti telah kita uraikan pada umpan balik, orang menerima stimulus lewat seluruh alat indranya. Ia dapat mendengar, melihat, mencium, meraba dan merasa.
d)    Proporsi unsur isi dengan hubungan: Pada komunikasi interpersonal, unsur hubungan sangat penting. Sedangkan pada komunikasi massa unsur isilah yang penting.



2.       Sejarah penelitian efek komunikasi massa
McQuail merangkumkan semua penemuan penelitian pada periode ini sebagai berikut:
a)     Peneguhan dari sikap dan pendapat yang ada
b)    Tergantung pada prestise atau penilaina terhadap sumber komunikasi.
c)    Makin sempurna monopoli komunikai massa, makin besar kemungkinan perubahan pendapat pada dapat ditimbulkan pada arah yang dikehendaki
d)     Sejauh mana suatu persoalan dianggap penting oleh khalayak akan mempengaruhi kemungkinan pengaruh media.
e) Pemilihan dan penafsiran isi oleh khalayak dipengaruahi oleh pendapat dan kepentingan yang adan dan oleh norma-norma kelompok.
f)   Sudah jelas juga bahwa struktur hubungan interpersonal pada khalayak mengantarai arus komunikasi, membatasi dan menentukan efek yang terjadi.

B.      Faktor-Faktor yang mempengaruhi reaksi khalayak pada komunikasi massa

a)      Teori defleur dan Ball Rokeach tentang pertemuan dengan media
Defleur dan Ball Rokeach melihat pertemuan khalayak dengan media berdasarkan tiga kerangka teoritis : perspektif perbedaan individual, perspektif kategori sosial dan perspektif hubungan sosial.
b)      Pendekatan motivasi dan Uses and Gradification
Meneliti asal mula kebutuhan secara psikologis dan sosial, yang menimbulkan harapan tertentu dari media massa atau sumber-sumber lain, yang membawa pada pola terpaan media yang berlainan dan menimbulkan pemenuhan kebutuhan akibat-akibat lain, barangkali termasuk juga yang tidak kita inginkan. Teori dasar : khalayak dianggap aktif, banyak inisiatif, media massa harus bersaing, banyak tujuan pemilih media massa, penilaian tentang arti kultural dari media massa.
Motif kognitif dan Graftifikasi Media
Motif kognitif menekankan kebutuhan manusia akan informasi dan kebutuhan untuk  mencapai tingkat ideasional tertentu.
Model afektif dan gratifikasi media

C.       Efek Komunikasi Masa

a)      Efek kehadiran media masa
Bentuk media saja sudah mempengaruhi kita. Medi saja sudah jadi pesan. Ia bahkan menolak pengaruh isi pesan sama sekali. Adapun yang mempengaruhi kita bukan apa yang disampaikan media, tetapi jenis media komunikasi yang kita pergunakan. Interpersonal, media cetak, atau televisi. Teori McLuhan, disebut teori perpanjangan alat indra menyatakan bahwa media massa adalah perluasan dari alat indra manusia 
b)      Efek kognitif Komunikasi Masa
Komunikasi tidak secara langsung menimbulkan perilaku tertentu, tetapi cenderung memengaruhi citra kita mengorganisasikan citra kita tentang lingkungan dan citra inilah yang mempengaruhi cara kita berperilaku. Efek kognitif komunikasi ada pada pembentukan dan perubahan cara. Kemudian agenda setting.
c)       Efek Afektif Komunkasi Massa
Pembentukan dan perubahan sikap
Ransangan emosional : mood,skema kognitif, suasana terpaan, predisposisi individual, dan tingkat identifikasi khalayak dnegan tokoh dalam media massa.
Ransangan seksual
Erotika telah diungkapkan sejak masa kemanusiaan yang paling dini.  Fungsi erotrika ialah aphrodisiac pembangkit gairah sex.
d)      Efek Behavioral Komunikasi Massa
Efek proposial behavioral ialah memiliki ketermpilan yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.
Agresi sebagai efek komunikasi masa, orang cenderung meniru perilaku yang diamatinya.
Teori-teori efek sosial komunikasi Massa
Menurut Innis , media mempengaruhi bentuk-bentuk organisasi sosial
Menurut McLuhan, Bahasa mempengaruhi cara berfikir

Menurut Alvivv media mengubah bentuk masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar