A.
Pengertian
Komunikasi Massa
Bittner,
Komunikasi massa @ “Mass Communication is message communicated through a mas
medium to a large number of people ”. (Komunikasi masa @ pesan yang
dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang).
Jenis komunikasi
yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang terbesar, heterogen, dan anonim
melalui media cetak atau elektronis sehingga pesan yang sama dapat diterima
secara serentak dan sesaat.
1.
Sistem Komunikasi Massa Versus Sistem Komunikasi
Interpersonal
Sifat
Komunikasi massa :
a)
bersifat tidak langsung, artinya harus melewati
media teknis.
b)
bersifat satu arah.
c)
bersifat terbuka.
d)
mempunyai publik yang secara geografis terebar.
Perbedaan teknis pada karakteristik psikologis yang
khas di Komunikasi mAsa dan Komunikasi interpersonal, yaitu:
a) Pengendalian Arus Informasi : berarti mengatur
jalannya pembicaraan yang disampaikan dan yang diterima.
b) Umpan balik : metode mengontrol sistem, keluaran
(output) sisttem yang dibalikkan kembali (feedback) kepada sistem sebagai
masukan (Input) tambahan berfungsi mengatur keluaran berikutnya.
c) Stimulasi alat Indra L: dalam komunikasi
interpersonal, seperti telah kita uraikan pada umpan balik, orang menerima stimulus
lewat seluruh alat indranya. Ia dapat mendengar, melihat, mencium, meraba dan
merasa.
d) Proporsi unsur isi dengan hubungan: Pada
komunikasi interpersonal, unsur hubungan sangat penting. Sedangkan pada
komunikasi massa unsur isilah yang penting.
2.
Sejarah penelitian efek komunikasi massa
McQuail merangkumkan semua penemuan penelitian pada
periode ini sebagai berikut:
a) Peneguhan dari sikap dan pendapat yang ada
b) Tergantung pada prestise atau penilaina terhadap
sumber komunikasi.
c) Makin sempurna monopoli komunikai massa, makin
besar kemungkinan perubahan pendapat pada dapat ditimbulkan pada arah yang
dikehendaki
d) Sejauh mana suatu persoalan dianggap penting
oleh khalayak akan mempengaruhi kemungkinan pengaruh media.
e) Pemilihan dan penafsiran isi oleh khalayak
dipengaruahi oleh pendapat dan kepentingan yang adan dan oleh norma-norma
kelompok.
f) Sudah jelas juga bahwa struktur hubungan
interpersonal pada khalayak mengantarai arus komunikasi, membatasi dan
menentukan efek yang terjadi.
B.
Faktor-Faktor
yang mempengaruhi reaksi khalayak pada komunikasi massa
a)
Teori defleur dan Ball Rokeach tentang pertemuan
dengan media
Defleur dan Ball Rokeach melihat pertemuan khalayak
dengan media berdasarkan tiga kerangka teoritis : perspektif perbedaan
individual, perspektif kategori sosial dan perspektif hubungan sosial.
b)
Pendekatan motivasi dan Uses and Gradification
Meneliti asal mula kebutuhan secara psikologis dan
sosial, yang menimbulkan harapan tertentu dari media massa atau sumber-sumber
lain, yang membawa pada pola terpaan media yang berlainan dan menimbulkan
pemenuhan kebutuhan akibat-akibat lain, barangkali termasuk juga yang tidak
kita inginkan. Teori dasar : khalayak dianggap aktif, banyak inisiatif, media
massa harus bersaing, banyak tujuan pemilih media massa, penilaian tentang arti
kultural dari media massa.
Motif kognitif dan Graftifikasi Media
Motif kognitif menekankan kebutuhan manusia akan
informasi dan kebutuhan untuk mencapai
tingkat ideasional tertentu.
Model afektif dan gratifikasi media
C.
Efek Komunikasi Masa
a)
Efek kehadiran media masa
Bentuk media saja sudah mempengaruhi kita. Medi saja
sudah jadi pesan. Ia bahkan menolak pengaruh isi pesan sama sekali. Adapun yang
mempengaruhi kita bukan apa yang disampaikan media, tetapi jenis media
komunikasi yang kita pergunakan. Interpersonal, media cetak, atau televisi. Teori
McLuhan, disebut teori perpanjangan alat indra menyatakan bahwa media massa
adalah perluasan dari alat indra manusia
b)
Efek kognitif Komunikasi Masa
Komunikasi tidak secara langsung menimbulkan perilaku
tertentu, tetapi cenderung memengaruhi citra kita mengorganisasikan citra kita
tentang lingkungan dan citra inilah yang mempengaruhi cara kita berperilaku.
Efek kognitif komunikasi ada pada pembentukan dan perubahan cara. Kemudian
agenda setting.
c)
Efek Afektif Komunkasi Massa
Pembentukan dan perubahan sikap
Ransangan emosional : mood,skema kognitif, suasana
terpaan, predisposisi individual, dan tingkat identifikasi khalayak dnegan
tokoh dalam media massa.
Ransangan seksual
Erotika telah diungkapkan sejak masa kemanusiaan yang
paling dini. Fungsi erotrika ialah
aphrodisiac pembangkit gairah sex.
d)
Efek Behavioral Komunikasi Massa
Efek proposial behavioral ialah memiliki ketermpilan
yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.
Agresi sebagai efek komunikasi masa, orang cenderung
meniru perilaku yang diamatinya.
Teori-teori efek sosial komunikasi Massa
Menurut Innis , media mempengaruhi bentuk-bentuk
organisasi sosial
Menurut McLuhan, Bahasa mempengaruhi cara berfikir
Menurut Alvivv media mengubah bentuk masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar